Salah satu pengunjung tampak mengamati foto pameran
Pekanbaru, (antarariau) - Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau menggelar pameran foto dengan tema Mengenang Setahun Kebakaran Kampus" di Pekanbaru, Selasa.

"Sebagian besar foto yang dipamerkan adalah foto-foto peristiwa kebakaran kampus Fakultas Tarbiyah UIN Suska yang terjadi setahun lalu," kata Ketua Panitia Pameran Foto, Didi Wirayuda, kepada ANTARA.

Ia menjelaskan, ada sebanyak 60 foto dari mahasiswa yang ikut serta dalam pameran itu. Foto terkait kebakaran Fakultas Tarbiyah mayoritas adalah dokumentasi dari "Gagasan", organisasi pers di kampus UIN Suska.


Selain itu, pameran foto itu juga melibatkan hasil karya dari sejumlah mahasiswa dari Universitas Riau.

Pemeran foto direncanakan bakal digelar selama dua hari hingga tanggal 6 Juni. Pameran pada hari pertama digelar di ruang perpustaan kampus, yang dibuka oleh Pembantu Rektor III UIN Suska, Permadi.

Sedangkan, pameran pada hari kedua bakal digelar di pelataran kampus Fakultas Tarbiyah yang dulu terbakar.

Menurut Didi, tujuan dari pameran itu diharapkan mampu memberi hikmah bagi seluruh masyarakat, khususnya warga kampus, agar kejadian kebakaran tidak terulang kembali. Foto-foto yang disajikan mengenai kebakaran kampus UIN Suska diharapkan bisa menggugah semua pihak untuk perduli mengenai bahaya pembukaan lahan dengan cara membakar, yang konon menjadi pemicu kebakaran di kampus itu.

Seorang dosen fotografi UIN Suska, Fahrozi Amri, menilai foto-foto yang dipamerkan terkait kebakaran kampus sangat sarat nilai jurnalistik. Mahasiswa dinilai cukup mahir "menangkap" momen kebakaran itu menjadi sebuah karya jurnalistik.

"Foto yang menggambarkan kobaran api dan asap yang melalap bangunan kampus sangat bagus, dan saya rasa mahasiswa banyak yang berhasil menangkap momen itu lebih dulu daripada para wartawan," ujarnya.
FB Rian Anggoro
COPYRIGHT © 2012
Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarariau.com